-->
Thursday 18 April 2013

:: berita aktuall :: Jurnalis Diajak Berperan Aktif dalam Pelestarian Air & Lingkungan

JAKARTA - Sejumlah pemenang telah diumumkan dalam ajang kompetisi Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) 2012. Kompetisi yang dimulai sejak 6 November 2012 lalu ini telah menerima 1.138 karya tulisan, foto, dan liputan TV bertema 'Air dan Kehidupan' dari para wartawan dan blogger.

Pimpinan AQUA Group, Parmaningsih Hadinegoro mengatakan, AJA 2012 tersebut diselengarakan untuk memberikan apresiasi kepada jurnalis dan pelaku media sosial di Indonesia.

"Ajang yang kami gelar di tahun ketiga ini merupakan salah satu apresiasi kami atas dukungan yang telah diberikan oleh rekan-rekan jurnalis dan masyarakat selama 40 tahun AQUA hadir di Indonesia,” ujar Parmaningsih dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (18/4/2013) malam.

Dengan ajang ini, lanjut dia, media massa diharapkan mampu berperan serta dalam menjaga lingkungan, khususnya air. "Media merupakan salah satu pilar terpenting untuk mendorong seluruh pihak dalam pelestarian lingkungan," imbuhnya.

Pelaksanaan AJA 2012 yang dilakukan bertepatan dengan HUT AQUA Group ke-40 ini merupakan komitmen kuat untuk memastikan pelestarian air dan lingkungan melalui pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

“Kami menggunakan air tanah dalam yang dibatasi oleh lapisan kedap air yang berbeda dengan air permukaan yang dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Parmaningsih.

Sementara itu, Direktur Corporate Communication AQUA Group, Troy Pantouw menuturkan, penyelenggaraan AJA tahun ini menambahkan kategori liputan televisi dan penghargaan khusus.

“Kami juga ingin mengapresiasi jurnalis televisi serta memberikan penghargaan kepada jurnalis maupun blogger yang karyanya dapat memberikan inspirasi bagi kita semua dalam tema Air dan Kehidupan,” kata dia.

Troy juga menyampaikan terima kasih atas antusiasme dan dukungan dari para awak media serta blogger penyelenggaraan AJA, yang dapat memberikan peran penting dalam edukasi mengenai lingkungan, khususnya air kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami berharap masukan demi peningkatan kualitas dan kuantitas penyelenggaraan kompetisi karya jurnalistik ini termasuk kemungkinan akan disertakannya karya jurnalistik radio maupun bentuk karya social media lainnya sehingga AJA dapat menjadi momen kebanggaan dunia pers, dunia media sosial bahkan kebanggaan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, pada kompetisi tahun ini terjadi peningkatan sekira 62 persen dengan 1.138 entri meliputi 276 karya tulis surat kabar dan media online, 585 karya foto, 45 liputan berita oleh stasiun televisi lokal dan nasional, dan 232 blog. AJA 2012 telah melibatkan 577 partisipan, termasuk di antaranya 353 jurnalis dari 169 media massa dan 224 blogger yang tersebar di 26 provinsi Indonesia.

Adapun Dewan Juri yang terlibat dalam ajang ini, yakni Ibnu Hamad (Guru Besar Komunikasi UI), Riri Riza (Sutradara Film)Eko Maryadi (Ketua Aliansi Jurnalis Independen/AJI), Agus Sudibyo (Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Dewan Pers), Hariyanto (Fotografer Profesional), Kristupa Saragih (Fotografer Profesional), dan Wicaksono Ndoro Kakung (wartawan dan blogger).

(hol)

sumber : okezone.com 

Powered by Blogger.

Blog Archive

Translate