-->
Sunday 5 May 2013

:: berita aktuall :: Israel Bersiap Lancarkan Serangan Besar-besaran terhadap Gaza

Detik.com, Tel Aviv, - Militer Israel dilaporkan tengah bersiap untuk kembali melancarkan perang terhadap wilayah Jalur Gaza. Ini dilakukan sebagai upaya untuk memberantas gerakan Hamas.

Menurut situs Israel, Walla seperti dilansir Press TV, Senin (6/5/2013), militer Israel tengah mempersiapkan untuk melancarkan Operasi Pilar Pertahanan II terhadap Gaza. Operasi besar-besaran ini untuk menghentikan serangan-serangan roket ke wilayah Israel yang dilancarkan dari Gaza.

Disebutkan situs tersebut yang mengutip sumber Israel, rezim Israel memandang perlu untuk kembali melancarkan operasi militer di Gaza guna menghancurkan infrastruktur militer Hamas. Militer Israel nantinya juga akan mengerahkan lebih banyak pasukan untuk mencegah serangan-serangan balasan Hamas.

Disebutkan Walla, Israel bertekad untuk kembali menyerang Gaza mengingat pemerintahan Gaza yang dikuasai Hamas, tidak juga mengubah sikap anti-Israel dan menolak menghentikan perlawanan terhadap pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Sebelumnya, Israel telah melancarkan aksi ofensif yang diberi nama "Operasi Pilar Pertahanan I" terhadap Gaza pada November 2012 lalu. Sekitar 160 jiwa warga Palestina, termasuk kaum wanita dan anak-anak, tewas dalam operasi militer tersebut. Sekitar 1.200 orang lainnya luka-luka dan lebih dari 1.500 target telah diserang dalam operasi selama 8 hari itu.

Sebagai balasan, kelompok Hamas melancarkan serangan-serangan roket dan rudal ke kota-kota Israel. Akibatnya, sedikitnya lima warga Israel tewas. Operasi Israel ini berakhir setelah Mesir memediasi gencatan senjata antara Hamas dan Israel.


(ita/nwk)

Powered by Blogger.

Blog Archive

Translate