-->
Tuesday 12 May 2015

Preview Madrid vs Juventus: Akankah Terwujud El Clasico di Final?

Jakarta: Laga sengit akan kembali terhampar di fase semifinal Liga Champions 2014--2015. Kali ini, tuan rumah Real Madrid akan menjamu Juventus untuk kemudian menghadapi Barcelona di partai puncak, 6 Juni mendatang.

Leg kedua di Santiago Bernabeu, Kamis 13 Mei dini hari nanti WIB, dipastikan bakal berlangsung menarik. Hal ini tak lepas dari kemenangan 2-1 Juventus pada leg pertama di Turin.

Madrid yang kini bertindak sebagai tuan rumah tentunya akan tampil menyerang demi merealisasikan target setidaknya menang 1-0 untuk maju ke final keduanya secara beruntun.

Satu motivasi lain yang pastinya diusung para penggawa Madrid ialah menciptakan El Clasico di partai puncak. Ini akan akan jadi sejarah baru di pentas Eropa, karena sebelumnya Madrid dan Barcelona belum sekalipun bertempur di partai puncak Liga Champions.

Namun, untuk menciptakan "final idaman" tersebut, Madrid harus lebih dulu bekerja ekstra keras menyingkirkan Juventus. Meski faktanya hanya butuh kemenangan 1-0, namun, itu bukan perkara mudah.

Fakta mencatat, seperti lazimnya tim-tim Italia, Juventus adalah salah satu tim yang memiliki pertahanan paling bagus. Armada Massimiliano Allegri tidak kebobolan dalam tiga laga terakhirnya di Liga Champions musim ini. Terkini, mereka sukses menahan 0-0 AS Monaco pada leg kedua babak perempat final.

Terlebih, Juve juga akan tampil dengan kekuatan terbaiknya di pertandingan nanti. Para pemain inti dipastikan dalam kondisi prima lantaran diistirahatkan saat melawan Cagliari di Serie-A, akhir pekan lalu. Satu lagi yang mesti jadi perhatian serius para penggawa Madrid ialah kembalinya Paul Pogba. Gelandang enerjik ini sudah siap termpur dan menandai comebacknya pasca-cedera dengan sebuah gol saat lawan Cagliari.
Kehadiran Pogba tentunya akan membuat lini tengah Juventus kian tangguh. Andrea Pirlo kini bisa lebih fokus untuk mengirimkan umpan-umpan matangnya ke jantung pertahanan Madrid. Sementara Pogba, Arturo Vidal, dan Claudio Marchisio siap bekerja keras menghalau alur serangan Madrid.

Pertarungan di lini tengah sepertinya akan menjadi kunci di laga ini. Madrid sendiri sepertinya akan kembali mengandalkan Toni Kroos sebagai poros permainan. Sergio Ramos yang bermain kurang bagus di lini tengah pada pertemuan pertama, sepertinya akan kembali ditempatkan sebagai bek tengah mendampingi Pepe. Untuk mendampingi Kroos, Carlo Ancelotti kemungkinan memainkan James Rodriguez dan Isco.

Jika Juventus akan kembali diperkuat Pogba, Madrid kemungkinan bakal diperkuat Karim Benzema. Striker Prancis tersebut kabarnya telah pulih dari cedera dan siap bahu-membahu dengan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.
Menilik fakta bahwa Juventus memiliki tembok pertahanan yang kokoh, Madrid juga cukup tangguh saat bermain di kandangnya. Dari 22 pertandingan yang mereka lakoni sejak April 2011, Madrid sukses memenangi 19 laga di Bernabeu dan hanya sekali kalah (melawan Schalke di babak 16 besar musim ini).

Madrid juga tak pernah gagal mencetak gol dalam 23 laga Liga Champions di Bernabeu sejak terakhir kali kalah 0-2 dari Barcelona pada semifinal musim 2010--2011. Dari 52 laga kandang yang dimainkan musim ini, Madrid selalu berhasil, setidaknya mencetak satu gol.

Pada pertemuan terakhirnya di musim lalu, Madrid juga sukses meraih kemenangan 2-1 atas Juventus di Santiago Bernabeu. Cristiano Ronaldo memborong dua gol kemenangan Madrid kala itu.

Jika merujuk fakta-fakta yang terhampar di atas, kedua tim bisa dibilang memiliki kekuatan yang seimbang. Kans laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu atau bahkan hingga adu penalti sepertinya cukup terbuka.

Well, bagaimana dengan kali ini? Saksikan saja pertarungan hidup-mati keduanya, live di SCTV mulai pukul 01:45 WIB.

10 Pertandingan terakhir Real Madrid vs Juventus:
(06/05/15) Liga Champions: Juventus 2 - 1 Real Madrid
(06/11/13) Liga Champions: Juventus 2 - 2 Real Madrid
(24/10/13) Liga Champions: Real Madrid 2 - 1 Juventus
(01/08/09) Uji Coba: Real Madrid 1 - 2 Juventus
(06/11/08) Liga Champions: Real Madrid 0 - 2 Juventus
(22/10/08) Liga Champions: Juventus 2 - 1 Real Madrid
(09/03/05) Liga Champions: Juventus (Extra time) 2 - 0 Real Madrid
(22/02/05) Liga Champions: Real Madrid 1 - 0 Juventus
(14/05/03) Liga Champions: Juventus 3 - 1 Real Madrid
(06/05/03) Liga Champions: Real Madrid 2 - 1 Juventus 
ACF

Sumber : http://bola.metrotvnews.com/

Powered by Blogger.

Blog Archive

Translate