-->
Monday 18 May 2015

Korban Pemerkosaan Tewas setelah Koma 42 Tahun

MUMBAI - Seorang perawat asal India tewas setelah koma selama 42 tahun pasca-mengalami pemerkosaan di Kota Mumbai. Perempuan bernama Aruna Shanbaug tersebut diperkosa di tempat kerjanya di Rumah Sakit KEM. Setelah insiden yang terjadi pada 1973 itu, sang perempuan menderita kerusakan otak.
Tidak ada orang yang dinyatakan bersalah atas kasus pemerkosaan tersebut. Pria yang terlibat dalam kejadian itu justru didakwa bersalah atas kasus perampokan.
Pada 2011, Pengadilan Tinggi India menolak petisi yang diajukan penulis Pinki Virani. Dia memohon agar tenaga medis di RS KEM berhenti memaksa dia memberi makan. Virani juga mengajukan permohonan agar Shanbaug bisa mendapat euthanasia atau suntik mati.
Aktivis hak-hak perempuan Kavita Krishnan mengatakan, perhatian publik atas kasus Shanbaug tidak mengurangi kekerasan seksual terhadap perempuan di India.
"Kasus ini mengungkapkan banyak hal mengenai keselamatan perempuan di tempat kerja. Ada budaya pemerkosaan yang terjadi di tengah masyarakat dan budaya itu semakin parah. Perempuan sangat rentan mengalami kekerasan. Hal ini jadi peringatan supaya kita mengubah budaya tersebut," kata Krishnan, yang memimpin organisasi All India Progressive Women Association, kepada Al Jazeera, Senin (18/5/2015).
Khrishnan melanjutkan, "Saya harap kita mengenang dia seraya membahas serius masalah keselamatan perempuan, tidak hanya di tempat kerja, tapi juga di rumah dan jalan-jalan."

Powered by Blogger.

Blog Archive

Translate