-->
Tuesday 23 April 2013

:: berita aktuall :: Dahsyat! RI Habiskan Rp 277,4 Triliun untuk Impor BBM

Liputan6.com, Jakarta : Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat impor minyak mentah (crude) dan bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan Indonesia sebesar 765 ribu barel per hari (bph) sepanjang April 2013. Impor itu terdiri dari 385 ribu bph BBM dan 380 ribu bph minyak mentah.

"Sekarang hitung saja, satu hari di April, BBM impor 385 ribu bph dan crude 380 ribu bph," Kata Wakil Menteri Susilo Siswoutomo, di Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Jika dikalkulasikan, pemerintah menghabiskan dana Rp 277,4 triliun untuk mengimpor minyak mentah dan produk BBM. "Kita asumsikan begini, produk tersebut kita kalikan dengan harga minyak US$ 200 per barel dengan asumsi kurs rupiah Rp 9.500 dikali satu tahun sebanyak 365 hari," paparnya.

Sementara opsi pengendalian BBM bersubsidi yang sedang digodok, pemerintah saat ini dengan menetapkan dua harga BBM bersubsidi tidak akan menurunkan impor BBM, Menurut Susilo, hal tersebut disebabkan oleh bertambahnya volume kendaraan bermotor dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kendaraan naik, ekonomi naik. Tumbuh. Ada bagian bahan bakar yang bisa diganti gas, sebagian. Tapi ini lama. Jadi impor BBM pasti naik," ungkap Susilo.

Sebenarnya ada cara untuk menekan impor BBM, yaitu dengan memberdayakan alat transportasi masal, dengan demikian masyarakat yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi akan beralih memanfaatkan transportasi umum, sehingga mengurangi kemacetan.

"Kecuali sistem transportasi berjalan, sehingga macet tidak ada lagi, itu baru akan kurangi konsumsi BBM. Tapi mau turunin ya tidak mungkin," pungkasnya. (Pew/Ndw)

Powered by Blogger.

Blog Archive

Translate